ASPEK
TEHNIK DAN TEKNOLOGI
1. Strategi
yang akan digunakan
Strategi
yang akan digunakan dalam usaha warnet adalah secara kntinuitas, kerena usaha
warnet dari waktu ke waktu akan selalu sama, produk yang ditawarkan tidak akan
berubah akan tetap produk berupa layanan akses internet. Dalam hal produksi
warnet bersifat kontinuitas, namun ada beberapa aspek yang akan mengalami
peningkatan performa, seperti peningkatan speed pada akses, peningkatan
kualitas PC dan perangkat pendukung lainnya.
2. Langkah
dalam pemilihan dan perencanaan produk
1) Penetapan
ide produk dan seleksi
Ide
pendirian warnet merujuk pada kebutuhan masyarakat yang selalu meningkat dalam
penggunaan internet, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dilihat dari
segi keuntungan warnet berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang cukup
besar, dan bisa membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak
dibidang jasa, seperti bank perkreditan, dan layanan jasa speddy.
2) Pembuatan
design produk awal
·
Manfaat produk yang akan dibuat
Manfaat
dari internet itu seperti hal nya jendela dunia, kita bisa mengetahui berbagai
informasi dan perkembangan diseluruh dunia tanpa batasan waktu. Dengan
didirikannya warnet bisa memfasilitasi masyarakat yang masih mempunyai
keterbatasan dalam mengakses internet.
3. Rencana
Kualitas Produk (produk berupa jasa)
1) Reliability
Dari
pembahasan sebelumnya bahwa warnet indah cemerlang akan memasang kecepatan
akses internet dengan kecepatan 500kbps/s dengan layanan yang nyaman dan
keamanan yang aman.
2) Resposiviness
·
Kesigapan karyawan dalam melayani
konsumen dari mulai konsumen datang diantarkan ke posisi yang diinginkan dan
dilayani dengan baik sampai konsumen pulang.
·
Pelayanan jika konsumen telah selesai
menggunakan layanan internet maka ada karyawan khusus yang melayani transaksi
pembayaran agar aman terkendali
·
Jika ada konsumen yang kesulitan dalam
dalam pemakaian layanan maka akan segara dibantu oleh karyawan untuk
mempermudah penggunaan layanan konsumen.
3) Assurance
Produk
yang akan ditawarkan berupa layanan internet, dalam layanan bukan hanya
memperhatikan kualitas produk, tetapi kami juga sangat memperhatikan kualitas
sikap keramahtamahan karyawan kepada konsumen, supaya konsumen akan lebih
merasa dihargai, selain itu keterampilan dalam memberikan informasi dalam
segala problem yang dihadapi oleh konsumen agar bisa menumukan solusi. Di
warnet indah cemerlang di design memakai sekatan disetiap billingnya untuk
menjaga keamanan pribadi konsumen.
4) Emphaty
Di
warnet indah cemerlang ada karyawan yang khusus ditempatkan diposisi marketing,
bertujuan untuk memberikan kemudahan konsumen dalam berkomunikasi dengan
warnet, seperti layanan forum website yang akan terhubung langsung dengan admin
warnet, layanan pesan pribadi whatapps yang khusus melayani keluhan dari
konsumen, dan layanan media facebook untuk memberikan gambaran atau kelebihan
yang dimiliki warnet untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
5) Tangibles
Bangunan
didesain menyerupai ruangan sedikit terbuka, dan memiliki fron office untuk
tempat berjaga satpam, tersedianya tempat parkir yang cukup luas untuk menjaga
kemanana dan menghindari pencurian, tempat parkir ini berupaya untuk
meningkatkan keamanan dan ketertiban. Warnet indah cemerlang juga sangat
memperhatikan kebersihan ruangan dan halaman kerapihan peralatan yang menunjang
kenyamanan konsumen dalam saat didalam warnet, dan kami juga menilai cara
berpenampilan karyawan yang sopan dalam menjamu dan melayani konsumen dengan
santun.
4. Pemilihan
Teknologi
Dalam
usaha warnet indah cemerlang saya akan menggunakan teknologi berupa mesin
printer untuk proses output dari produk layanan tersebut, produk yang saya
tawarkan memang berupa layanan akses internet namun disamping itu selain
layanan akses internet apabila konsumen membutuhkan copy hard file bisa di
print out melalui mesin printer, maka dalam hal ini warnet akan mempunyai keuntungan
2 kali lipat.
5. Rencana
Kapasitas Produksi
Warnet
indah cemerlang menargetkan minimalnya memproduksi 24 output dari 8 unit
komputer per harinya, jika dihitung dalam satu bulan menjadi 760 output berupa
makalah. Jumlah tersebut merupakan kapasitas minimal yang harus diproduksi oleh
warnet, untuk kapasitas dibulan-bulan berikutnya bisa mengalami penurunan atau
penaikan, tetapi patokan produksi minimal warnet yaitu 760 output berupa
makalah perbulan nya.
6. a.
Warnet yang akan saya dirikan terletak di Kota Banjar. Kota Banjar merupakan
kota kecil namun padat penduduk, selain padat penduduk di Kota Banjar juga terdapat
beberapa lokasi wisata, perbelanjaan, perkantoran, dan sekolahan. Sebagian
besar tempat perkantoran dan sekolahan berada dilokasi Jl. K. H. Mustofa No.1
Kota Banjar, Jawa Barat 46311 yang tepatnya akan menjadi tempat beroperasinya
Warnet Indah Cemerlang.
7. Pengawasan
Kualitas
1) Rencana
Kualitas Produk (produk berupa jasa)
a. Reliability
Dari
pembahasan sebelumnya bahwa warnet indah cemerlang akan memasang kecepatan
akses internet dengan kecepatan 500kbps/s dengan layanan yang nyaman dan
keamanan yang aman.
b. Resposiviness
·
Kesigapan karyawan dalam melayani
konsumen dari mulai konsumen datang diantarkan ke posisi yang diinginkan dan
dilayani dengan baik sampai konsumen pulang.
·
Pelayanan jika konsumen telah selesai
menggunakan layanan internet maka ada karyawan khusus yang melayani transaksi
pembayaran agar aman terkendali
·
Jika ada konsumen yang kesulitan dalam
dalam pemakaian layanan maka akan segara dibantu oleh karyawan untuk
mempermudah penggunaan layanan konsumen.
c. Assurance
Produk
yang akan ditawarkan berupa layanan internet, dalam layanan bukan hanya
memperhatikan kualitas produk, tetapi kami juga sangat memperhatikan kualitas
sikap keramahtamahan karyawan kepada konsumen, supaya konsumen akan lebih
merasa dihargai, selain itu keterampilan dalam memberikan informasi dalam
segala problem yang dihadapi oleh konsumen agar bisa menumukan solusi. Di
warnet indah cemerlang di design memakai sekatan disetiap billingnya untuk
menjaga keamanan pribadi konsumen.
d. Emphaty
Di
warnet indah cemerlang ada karyawan yang khusus ditempatkan diposisi marketing,
bertujuan untuk memberikan kemudahan konsumen dalam berkomunikasi dengan
warnet, seperti layanan forum website yang akan terhubung langsung dengan admin
warnet, layanan pesan pribadi whatapps yang khusus melayani keluhan dari
konsumen, dan layanan media facebook untuk memberikan gambaran atau kelebihan
yang dimiliki warnet untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
e. Tangibles
Bangunan
didesain menyerupai ruangan sedikit terbuka, dan memiliki fron office untuk
tempat berjaga satpam, tersedianya tempat parkir yang cukup luas untuk menjaga
kemanana dan menghindari pencurian, tempat parkir ini berupaya untuk
meningkatkan keamanan dan ketertiban. Warnet indah cemerlang juga sangat
memperhatikan kebersihan ruangan dan halaman kerapihan peralatan yang menunjang
kenyamanan konsumen dalam saat didalam warnet, dan kami juga menilai cara
berpenampilan karyawan yang sopan dalam menjamu dan melayani konsumen dengan
santun.
2) Pengendalian
Kualitas
a. Mengevaluasi
performa produk
Produk
layanan jasa usaha saya kecepatan akses internet dengan kecepatan 500kbps/s.
namun pada saat proses produksi berjalan tiba-tiba akses kecepatan pada
internet menjadi melambat, setelah dilakukan pengecekan ternyata kecepatannya
hanya sampai 256kbps/s.
b. Ternyata
setelah dilihat secara aktual kecepatan pada akses internet belum sesuai dengan
perfoma yang telah ditargetkan.
c. Tindakan
yang akan dilakukan jika terdapat perbedaan aktual dan target dalam akses
layanan akan segera melaporkan pada kantor layanan jasa speedy secepatnya.
3) Perbaikan
Kualitas
a. Setelah
ditemukan perbedaan antara aktual dengan target maka saya akan segera
menghubungi pihak jasa speedy untuk segera memperbaiki akses kecepatan yang
sesuai dengan apa yang ditargetkan.
b. Supaya
sinyal dapat ditangkap dengan baik maka saya akan memasang penguat sinyal agar
sinyal yang di tembakan bisa tertangkap secara keseluruhan.
c. Selain
aspek-aspek tadi saya juga akan membuat pembentukan Tim yang berkualitas untuk
mengelola perfoma jasa.
d. Untuk
memcapai suatu Tim yang berkualitas saya akan memberikan beberapa
pelatihan-pelatihan yang relavan pada karyawan sesuai dengan tugasnya
masing-masing.
e. Perbedaan
kualitas tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kesalahan yang
dilakukan oleh pihak provider speedy atau bisa disebabkan oleh kesalahan
karyawan dalam mensetting network. Penyebab tersebut bisa menyebabkan kegagalan
dalam akses internet.
f. Untuk
menanggulangi masalah tersebut karyawan akan melakukan pengecekan secara
berkala baik dalam perangkat komputer maupun dalam networking.
g. Untuk
mencapai sasaran agar sesuai dengan target saya dan karyawan akan melakukan
yang terbaik dalam pelaksanaan kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar