Selasa, 17 Juli 2018

TEHNIK DAN TEKNOLOGI || STUDI KELAYAKAN BISNIS


ASPEK TEHNIK DAN TEKNOLOGI

1.      Strategi yang akan digunakan
Strategi yang akan digunakan dalam usaha warnet adalah secara kntinuitas, kerena usaha warnet dari waktu ke waktu akan selalu sama, produk yang ditawarkan tidak akan berubah akan tetap produk berupa layanan akses internet. Dalam hal produksi warnet bersifat kontinuitas, namun ada beberapa aspek yang akan mengalami peningkatan performa, seperti peningkatan speed pada akses, peningkatan kualitas PC dan perangkat pendukung lainnya.
2.      Langkah dalam pemilihan dan perencanaan produk
1)      Penetapan ide produk dan seleksi
Ide pendirian warnet merujuk pada kebutuhan masyarakat yang selalu meningkat dalam penggunaan internet, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dilihat dari segi keuntungan warnet berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar, dan bisa membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang jasa, seperti bank perkreditan, dan layanan jasa speddy.
2)      Pembuatan design produk awal
·         Manfaat produk yang akan dibuat
Manfaat dari internet itu seperti hal nya jendela dunia, kita bisa mengetahui berbagai informasi dan perkembangan diseluruh dunia tanpa batasan waktu. Dengan didirikannya warnet bisa memfasilitasi masyarakat yang masih mempunyai keterbatasan dalam mengakses internet.
3.      Rencana Kualitas Produk (produk berupa jasa)
1)      Reliability
Dari pembahasan sebelumnya bahwa warnet indah cemerlang akan memasang kecepatan akses internet dengan kecepatan 500kbps/s dengan layanan yang nyaman dan keamanan yang aman.
2)      Resposiviness
·         Kesigapan karyawan dalam melayani konsumen dari mulai konsumen datang diantarkan ke posisi yang diinginkan dan dilayani dengan baik sampai konsumen pulang.
·         Pelayanan jika konsumen telah selesai menggunakan layanan internet maka ada karyawan khusus yang melayani transaksi pembayaran agar aman terkendali
·         Jika ada konsumen yang kesulitan dalam dalam pemakaian layanan maka akan segara dibantu oleh karyawan untuk mempermudah penggunaan layanan konsumen.
3)      Assurance
Produk yang akan ditawarkan berupa layanan internet, dalam layanan bukan hanya memperhatikan kualitas produk, tetapi kami juga sangat memperhatikan kualitas sikap keramahtamahan karyawan kepada konsumen, supaya konsumen akan lebih merasa dihargai, selain itu keterampilan dalam memberikan informasi dalam segala problem yang dihadapi oleh konsumen agar bisa menumukan solusi. Di warnet indah cemerlang di design memakai sekatan disetiap billingnya untuk menjaga keamanan pribadi konsumen.
4)      Emphaty
Di warnet indah cemerlang ada karyawan yang khusus ditempatkan diposisi marketing, bertujuan untuk memberikan kemudahan konsumen dalam berkomunikasi dengan warnet, seperti layanan forum website yang akan terhubung langsung dengan admin warnet, layanan pesan pribadi whatapps yang khusus melayani keluhan dari konsumen, dan layanan media facebook untuk memberikan gambaran atau kelebihan yang dimiliki warnet untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
5)      Tangibles
Bangunan didesain menyerupai ruangan sedikit terbuka, dan memiliki fron office untuk tempat berjaga satpam, tersedianya tempat parkir yang cukup luas untuk menjaga kemanana dan menghindari pencurian, tempat parkir ini berupaya untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban. Warnet indah cemerlang juga sangat memperhatikan kebersihan ruangan dan halaman kerapihan peralatan yang menunjang kenyamanan konsumen dalam saat didalam warnet, dan kami juga menilai cara berpenampilan karyawan yang sopan dalam menjamu dan melayani konsumen dengan santun.
4.      Pemilihan Teknologi
Dalam usaha warnet indah cemerlang saya akan menggunakan teknologi berupa mesin printer untuk proses output dari produk layanan tersebut, produk yang saya tawarkan memang berupa layanan akses internet namun disamping itu selain layanan akses internet apabila konsumen membutuhkan copy hard file bisa di print out melalui mesin printer, maka dalam hal ini warnet akan mempunyai keuntungan 2 kali lipat.
5.      Rencana Kapasitas Produksi
Warnet indah cemerlang menargetkan minimalnya memproduksi 24 output dari 8 unit komputer per harinya, jika dihitung dalam satu bulan menjadi 760 output berupa makalah. Jumlah tersebut merupakan kapasitas minimal yang harus diproduksi oleh warnet, untuk kapasitas dibulan-bulan berikutnya bisa mengalami penurunan atau penaikan, tetapi patokan produksi minimal warnet yaitu 760 output berupa makalah perbulan nya.
6.      a. Warnet yang akan saya dirikan terletak di Kota Banjar. Kota Banjar merupakan kota kecil namun padat penduduk, selain padat penduduk di Kota Banjar juga terdapat beberapa lokasi wisata, perbelanjaan, perkantoran, dan sekolahan. Sebagian besar tempat perkantoran dan sekolahan berada dilokasi Jl. K. H. Mustofa No.1 Kota Banjar, Jawa Barat 46311 yang tepatnya akan menjadi tempat beroperasinya Warnet Indah Cemerlang.
7.      Pengawasan Kualitas
1)      Rencana Kualitas Produk (produk berupa jasa)
a.       Reliability
Dari pembahasan sebelumnya bahwa warnet indah cemerlang akan memasang kecepatan akses internet dengan kecepatan 500kbps/s dengan layanan yang nyaman dan keamanan yang aman.
b.      Resposiviness
·         Kesigapan karyawan dalam melayani konsumen dari mulai konsumen datang diantarkan ke posisi yang diinginkan dan dilayani dengan baik sampai konsumen pulang.
·         Pelayanan jika konsumen telah selesai menggunakan layanan internet maka ada karyawan khusus yang melayani transaksi pembayaran agar aman terkendali
·         Jika ada konsumen yang kesulitan dalam dalam pemakaian layanan maka akan segara dibantu oleh karyawan untuk mempermudah penggunaan layanan konsumen.
c.       Assurance
Produk yang akan ditawarkan berupa layanan internet, dalam layanan bukan hanya memperhatikan kualitas produk, tetapi kami juga sangat memperhatikan kualitas sikap keramahtamahan karyawan kepada konsumen, supaya konsumen akan lebih merasa dihargai, selain itu keterampilan dalam memberikan informasi dalam segala problem yang dihadapi oleh konsumen agar bisa menumukan solusi. Di warnet indah cemerlang di design memakai sekatan disetiap billingnya untuk menjaga keamanan pribadi konsumen.
d.      Emphaty
Di warnet indah cemerlang ada karyawan yang khusus ditempatkan diposisi marketing, bertujuan untuk memberikan kemudahan konsumen dalam berkomunikasi dengan warnet, seperti layanan forum website yang akan terhubung langsung dengan admin warnet, layanan pesan pribadi whatapps yang khusus melayani keluhan dari konsumen, dan layanan media facebook untuk memberikan gambaran atau kelebihan yang dimiliki warnet untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
e.       Tangibles
Bangunan didesain menyerupai ruangan sedikit terbuka, dan memiliki fron office untuk tempat berjaga satpam, tersedianya tempat parkir yang cukup luas untuk menjaga kemanana dan menghindari pencurian, tempat parkir ini berupaya untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban. Warnet indah cemerlang juga sangat memperhatikan kebersihan ruangan dan halaman kerapihan peralatan yang menunjang kenyamanan konsumen dalam saat didalam warnet, dan kami juga menilai cara berpenampilan karyawan yang sopan dalam menjamu dan melayani konsumen dengan santun.
2)      Pengendalian Kualitas
a.       Mengevaluasi performa produk
Produk layanan jasa usaha saya kecepatan akses internet dengan kecepatan 500kbps/s. namun pada saat proses produksi berjalan tiba-tiba akses kecepatan pada internet menjadi melambat, setelah dilakukan pengecekan ternyata kecepatannya hanya sampai 256kbps/s.
b.      Ternyata setelah dilihat secara aktual kecepatan pada akses internet belum sesuai dengan perfoma yang telah ditargetkan.
c.       Tindakan yang akan dilakukan jika terdapat perbedaan aktual dan target dalam akses layanan akan segera melaporkan pada kantor layanan jasa speedy secepatnya.
3)      Perbaikan Kualitas
a.       Setelah ditemukan perbedaan antara aktual dengan target maka saya akan segera menghubungi pihak jasa speedy untuk segera memperbaiki akses kecepatan yang sesuai dengan apa yang ditargetkan.
b.      Supaya sinyal dapat ditangkap dengan baik maka saya akan memasang penguat sinyal agar sinyal yang di tembakan bisa tertangkap secara keseluruhan.
c.       Selain aspek-aspek tadi saya juga akan membuat pembentukan Tim yang berkualitas untuk mengelola perfoma jasa.
d.      Untuk memcapai suatu Tim yang berkualitas saya akan memberikan beberapa pelatihan-pelatihan yang relavan pada karyawan sesuai dengan tugasnya masing-masing.
e.       Perbedaan kualitas tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kesalahan yang dilakukan oleh pihak provider speedy atau bisa disebabkan oleh kesalahan karyawan dalam mensetting network. Penyebab tersebut bisa menyebabkan kegagalan dalam akses internet.
f.       Untuk menanggulangi masalah tersebut karyawan akan melakukan pengecekan secara berkala baik dalam perangkat komputer maupun dalam networking.
g.      Untuk mencapai sasaran agar sesuai dengan target saya dan karyawan akan melakukan yang terbaik dalam pelaksanaan kerja.

Tidak ada komentar: