Selasa, 17 Juli 2018

Aspek Pemasaran Warnet || STUDI KELAYAKAN BISNIS


ASPEK PEMASARAN

1.      Sigmentasi Pasar “Warnet Indah Cemerlang”
a.       Aspek Geografis : Banjar, Ciamis, Tasikmalaya
b.      Aspek Demografis
·         Segi usia              : anak-anak, remaja, dewasa
·         Jenis kelamin       : perempuan, laki-laki
c.       Aspek Psikografis
·         Pendapatan          : rendah, sedang, tinggi
·         Kelas sosial          : rendah, sedang, tinggi
·         Gaya hidup          : rendah, sedang, tinggi
·         Selera                   : rendah, sedang, tinggi
d.      Aspek Prikaku
·         Kesempatan         : rendah, sedang, tinggi
·         Tingkat kegunaan: rendah, sedang, tinggi
·         Loyalitas              : rendah, sedang, tinggi
2.      Target Pasar
a.       Aspek Geografis
Warnet yang akan saya dirikan terletak di Kota Banjar. Kota Banjar merupakan kota kecil namun padat penduduk, selain padat penduduk di Kota Banjar juga terdapat beberapa lokasi wisata, perbelanjaan, perkantoran, dan sekolahan. Sebagian besar tempat perkantoran dan sekolahan berada dilokasi Jl. K. H. Mustofa No.1 Kota Banjar, Jawa Barat 46311 yang tepatnya akan menjadi tempat beroperasinya Warnet Indah Cemerlang.
b.      Aspek Demografis
Sasaran tujuan utamanya mencangkup semua kalangan usia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, karena layanan internet ini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat, dan tidak hanya laki-laki perempuan juga pasti membutuhkan internet.
c.       Aspek Psikografis
·         Pendapatan
Warnet diperuntukkan bagi masyarakat yang berpendapatan sedang karena tarif harga yang merakyat dengan fasilitas yang memadai, dan biasanya masyarakat yang berpendapatan sedang relatif belum mempunyai alat-alat yang memadai, namun mereka masih bisa mengakses dengan menyisihkan sebagian pendapatannya setelah terpenuhi kebutuhan primernya.
·         Kelas sosial
Warnet dapat dikatakan bagi kelas sosial yang sedang karena bagi yang kelas sosialnya tinggi akan lebih suka mengakses layanan internet dirumahnya sendiri dengan fasilitas yang lebih nyaman dibandingkan dengan warnet yang harus antri giliran.
·         Gaya hidup
Hampir sama dengan kelas sosial, gaya hidup konsumen juga menjadi salah satu aspek, karena yang bergaya hidup sedang akan lebih mudah berbaur dengan konsumen lainnya dan menerima kondisi yang ada di warnet.
·         Selera
Selera konsumen pada warnet relatif tinggi karena kehidupan masyarakat saat ini tidak bisa lepas dari akses internet, jika tertinggal 5 menit saja bisa terlewat beberapa informasi, ini yang menjadikan selera konsumen pada warnet menjadi tinggi.
d.      Aspek Perilaku
·         Kesempatan
Kesempatan dalam usaha warnet tergolong sedang meskipun dalam selera masyarakat tergolong tinngi, karena tidak hanya terdapat satu warnet saja yang bersaing, bahkan bisa sampai puluhan warnet yang beroperasi dalam satu daerah yang cukup besar dari warnet kecil sampai warnet besar.
·         Tingkat kegunaan
Tingkat kegunaan warnet cukup tinggi karena di era globalisasi ini seolah-olah dunia teknologilah yang menguasai dan lewat layanan internet mereka bisa mengaksesnya.
·         Loyalitas
Tingkat kesetiaan konsumen bisa dikatakan sedang tergantung dari pelayanan yang diberikan oleh warnet, untuk mempertahankan keloyalitasan konsumen diperlukan peningkatan produk, sedangkan sewaktu-waktu koneksi internet bisa terhambat karena beberapa faktor dan bisa membuat sebagian konsumen berpindah ke warnet lain.
3.      Posisi Pasar
a.       Identifikasi keunggulan kompetitif
Warnet pada umumnya menggunakan sistem nonstop 24 jam, berbeda dengan warnet yang akan saya dirikan, warnet yang akan saya dirikan hanya menerapkan sistem 24 jam tersebut khusus untuk hari Sabtu dan Minggu saja, sedangkan untuk hari biasa dibuka sesuai jam operasional mulai dari jam 07:00 sampai 21:00 WIB. Mengingat sebagian konsumen rata-rata adalah seorang pelajar maka saya menerapkan sistem seperti itu. Semua ini dilakukan demi ketertiban para pelajar khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Cara ini dianggap efektif untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan.
b.      Memilih keunggulan kompetitif
Warnet yang akan saya dirikan memiliki akses layanan internet dengan akses kecepatan yang cukup tinggi, jika warnet lainnya hanya menyediakan 256kbps/s maka diwarnet saya menyediakan kecepatan internet sampai dengan 500kbps/s, selain itu tempat dan pelayanannya yang aman dan nyaman bisa membuat konsumen betah berlama-lama diwarnet, jika konsumen berlama-lama diwarnet maka mereka akan merasa lapar dan diwarnet saya terdapat mini kantin unttuk mempermudah konsumen memenuhi rasa laparnya.
c.       Mengkomunikasikan Posisi
Melayani dengan pelayanan yang maksimal, tempat warnet aman dan nyaman, speed akses cepat dan kepuasan pelanggan menjadi faktor utama
4.      Analisis persaingan usaha
a.       Identifikasi pesaing
·         Warnet No Yet
·         Bintang Net
·         Matahari Net
b.      Menentukan sasaran pesaing
·         Warnet No Yet    : Memaksimalkan laba
·         Bintang Net         : Mengutamakan pelayanan dan kenyamanan
·         Matahari Net       : Memaksimalkan omzet penjualan
c.       Menentukan strategi pesaing
·         Warnet No Yet    :Memasang tarif dengan harga yang mahal
·         Bintang Net         : Pelayanan prima
·         Matahari Net       : Memasang tarif yang relatif murah
d.      Menilai kekuatan dan kelemahan masing-masing
·         Warnet No Yet    : + Kecepatan akses tinggi
                             : - Tarif harga mahal
·         Bintang Net         : + Pelayanan pelanggan
                             : - Kecepatan akses sedang
·         Matahari Net       : + Tarif harga murah
                             : - Akses sangat terbatas
e.       Estimasi Reaksi Pesaing
·         Warnet No Yet    : Menurunkan harga
·         Bintang Net         : Meningkatkan kecepatan akses
·         Matahari Net       : Meningkatkan kecepatan akses
f.       Memilih pesaing
Warnet yang dipilih menjadi pesaing adalah Matahari Net, dilihat dari segi akses dan tarif harga relatif mudah dijangkau untuk warnet yang baru berdiri.
5.      Marketing Mix
Produk berupa jasa (analisis 7P)
1)      Product
·         Nama warnet yang akan saya dirikan adalah “Indah Cemerlang” nama warnet disesuaikan dengan nama pendirinya agar dapat selalu diingat oleh konsumen, dan harapannya karir dan usahanya akan selalu cemerlang.
·         Akses kecepatan cukup tinggi hingga 500kbps/s, selain itu juga didukung dengan beberapa komputer dengan spesifikasi procesor pentium 4, core 2, RAM 4GB, hardisk 180GB, serta layar LCD 15 inch. Warnet Indah Cemerlang sangat menghargai waktu karena tidak selamanya waktu itu uang tetapi kesehatan karyawan lah yang paling utama.
·         Warnet didesign memakai sekatan supaya privasi keamanan konsumen lebih aman, tempat dibuat dengan konsep lesehan yang beralaskan karpet lantai dan dilengkapi dengan kipas angin.
2)      Price
·         Tarif harga yang ditawarkan dihitung dalam hitungan perjam, mulai dari Rp 3.000 per jam sampai paket gadang Rp 10.000, untuk jasa print out saya memasang tarif Rp 500 per lembar untuk print out hitam putih dan Rp 1.000 per lembar untuk print out berwarna.
·         Bisa mendapatkan potongan harga jika menggunakan internet yang lebih lama, misalkan paket gadang Rp 10.000 dari jam 00:00 sampai 05:00 WIB jika dihitung tarif lebih murah dibandingkan dengan harga tarif yang per jam.
3)      Place
Warnet Indah Cemerlang akan didirikan di Jl. K. H. Mustofa, No.1 Kota Banjar, Jawa Barat
4)      Promotion Mix
·         Akan diadakan obral tarif harga diwaktu awal pembukaan warnet untuk 10 orang pertama
·         Melakukan iklan disosial media mengenai warnet Indah Cemerlang dengan membuat akun official website supaya konsumen menjadi lebih tertarik dan percaya akan produk yang ditawarkan.
5)      People
Konsumen yang datang ke warnet akan senantiasa dilayani oleh beberapa karyawan dengan keramahtamahan, bersikap sopan dan empati terhadap konsumen supaya konsumen merasa lebih dihargai.
6)      Physical Eviclence
Selain didukung oleh beberapa komputer, warnet juga dilengkapi dengan alas duduk , meja, kipas angin, dan tempat sampah untuk menambah kenyamanan konsumen
7)      Process
Hal yang harus diperhatikan dalam proses adalah kecepatan akses dalam internet, dan kecepatan karyawan dalam menangani konsumen akan membuat konsumen merasa puas. Ketelitian dan kehati-hatian dalam melayani konsumen dan kontrol yang ketat terhaadap tingkat kelayakann pakai PC saat digunakan.

Tidak ada komentar: