SILABUS
Nama
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1Banjar
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII/1
A. Kompetensi
Inti (KI) :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan
pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstra kterkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KD
|
IPK
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
3.4 Menganalisis tahapan penutupan siklus
akuntansi pada perusahaan jasa.
4.4
Membuat penutupan siklus akuntansi pada perusahaan jasa.
|
3.4.1 Menjelaskan pengertian penutupan siklus
akuntansi
3.4.2 Memahami fungsi dari jurnal penutupan
3.4.3 Mengklasifikasikan macam-macam akun jurnal
penutupan siklus akuntansi pada perusahaan jasa
4.4.1 Mengidentifikasi proses penutupan siklus akuntansi
4.4.2 Memasukkan akun-akun yang ditutup pada jurnal
4.4.3 Membuat laporan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan jasa
4.4.4 Membuat laporan jurnal pembalik
|
JURNAL PENUTUPAN
1. Pengertian jurnal penutupan
2. Fungsi jurnal penutupan
3. Macam-macam akun jurnal penutupan
4. Proses penutupan siklus akuntansi
5. Akun-akun yang ditutup
6. Laporan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan jasa
7. Jurnal pembalik pada perusahaan jasa
|
Pertemuan ke
IV
Model Realistic
Mathematics Education
1. Siswa mempelajari akuntansi melalui aktivitas doing, yaitu dengan
mengerjakan masalah-masalah yang didesain secara khusus.
2. Siswa mampu mengaplikasikan akuntansi untuk menyelesaikan masalah yang
dihadapi.
3. Menumbuhkan pemahaman siswa mulai dari pengembangan kemampuan sampai
menemukan solusi
4. Siswa memiliki kesempatan untuk menyelesaikan masalah akuntansi yang
kaya akan konteks dengan menerapkan berbagai konsep, rumus, prinsip, serta
pemahaman secara terpadu dan saling berkaitan
5. Siswa diberi kesempatan untuk melakukan sharing pengalaman
6. Peserta
didik mampu mengaplikasikan
penjelasan guru tentang pembuatan jurnal pembalik
7. Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil pekerjaannya, dan
jika benar akan memdapatkan poin
|
1. Tes tulis
2. Tes lisan
3. Penugasan
|
20JP
|
1. Buku panduan siswa SMA kelas XII pelajaran Ekonomi
2. Buku lembar kerja siswa (LKS)
3. Power Point
4. Internet
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar